Halaman rumah, wacana sekaligus ranah bagi Tanahindie dan jaringannya mengeksplorasi isu perkotaan. Kami percaya, arsitektural Indonesia berorientasi halaman, yang menjadikan halaman sebagai pusat kehidupan.

Fondasi agenda-agenda kerja kami berbasis halaman, lantaran komunitas ini tumbuh dan besar di tengah masyarakat Bugis dan Makassar, suku berkebudayaan rumah panggung, bentuk hunian yang membentangkan pekarangan di sekitar dan di bawah lantainya.

Halaman pun menjadi tempat penggodokan pemikiran dan aktivitas sosial di Indonesia. Pergerakan anak muda pasca Reformasi 1998 banyak menciptakan komunitas dan perpustakaan yang digagas di halaman.

Jaringan Kerja Kolaboratorium


Kampung Buku

0411-433775


Perpustakaan berbasis komunitas yang dikelola Penerbit Ininnawa dan Tanahindie dengan bermacam koleksi buku. Mulai seri cerita komik, chicklit & teenlit, majalah khusus wanita seperti Elle atau Kartini, majalah musik Rolling Stone, seri penelitian populer National Geographic, serta beberapa genre buku yang kerap tidak tersedia di perpustakaan-perpustakaan di Makassar dan sekitarnya

Tanahindie


Lembaga nirlaba berdiri sejak 1999 yang mengutamakan programnya pada kajian & diskusi/seminar, lokakarya, pameran, perisalahan, dan penerbitan bertopik beragam ekspresi dan perkembangan masyarakat kota mutakhir.

Makassar Nol Kilometer


Situs bersama kita untuk merekam perkembangan Kota Makassar.

Komunitas Perajut Makassar 'Quiqui'


Komunitas Perajut Makassar Quiqui’ adalah komunitas non profit yang membuat perkumpulan berdasarkan hobi yang sama yakni merajut. Terbentuk pada September 2011, Quiqui’ merupakan komunitas yang bersifat cair dan terbuka pada siapa saja yang ingin bergabung serta belajar bersama mengenai merajut.