Bom Benang

Bom Benang (Yarn Bombing) merupakan seni ruang publik yang menggelinding bak bola salju ke penjuru dunia. Belakangan perkembangannya sangat mengejutkan bahkan hampir jauh meninggalkan seni ruang publik lainnya.

Dalam menyambut tahun kelimanya, kali ini Bom Benang 2016 dengan tema Benang Kandung akan hadir di 5 titik lokasi yakni Pampang, Sukaria, Toa Daeng Batua, Area Rumah Susun Mariso dan Kampung Nelayan.

Proyek ini mengujicoba proyek dan aktivitas seni ke rumah-rumah tetangga, sekaligus mendekatkan karya-karya ke khalayaknya sekaligus menciptakan ruang bagi khalayak untuk berpartisipasi dalam proyek seni; sambil menyemai hubungan pertetanggaan yang cenderung longgar di masyarakat perkotaan.



Jurnalisme Plat Kuning, Buku Pertama setelah Tiga Tahun

Setelah online selama hampir tiga tahun, situs bersama bergenre jurnalisme warga http://makassarnolkm.com menerbitkan buku berjudul: Makassar Nol Kilometer [DotCom], Jurnalisme Plat Kuning (Tanahindie, Oktober 2014).

Buku setebal 414 halaman ini buah dari usaha mengumpulkan dan memilih 71 tulisan dari 43 jurnalis warga yang pernah terbit selama 2012 sampai 2014. Jumlah tulisan itu merupakan hasil pemilahan pengelola situs setelah memeriksa dan membaca ulang sekurangnya 250 catatan dan berita dari warga berkaitan perkembangan kota di sekitar mereka.

Penerbitan buku ini diharapkan pemicu lebih menggairahkan perkembangan situs ini, sebagai media alternatif yang membahas perkembangan-perkembangan yang terjadi di lingkungan warga di jazirah selatan Sulawesi.

Makassar Nol Kilometer DotCom adalah situs yang dipersembahkan untuk warga dan dikelola oleh warga. Website ini pada dasarnya hanyalah sebuah inisiatif. Tidak lebih. Ia tidak dimiliki sekelompok orang. Yang ada hanya pengelola. Bagaimana pun, situs yang diperuntukkan dan dimiliki oleh khalayak sepatutnya memiliki pengelola. Pengelola inilah yang selama ini mengatur arus dan menyunting naskah untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, mulai dari menjaga agar tidak kena retas (hack) sampai memeriksa dan mengedit naskah yang dikirim ke email Redaksi.

Rencananya, situs ini berencana meluaskan pembacanya sampai ke lembaga pendidikan. Karena itulah buku ini akan membagikan gratis dan dipromosikan ke kalangan siswa-siswa SMP dan SMA.